Workshop

Judiciary Reform Workshop merupakan forum diskusi pemangku kepentingan yang terkait dan intens terlibat dalam proses pembaruan peradilan, yakni perwakilan: MA, Tim Asistensi Pembaruan Peradilan, Bappenas, organisasi masyarakat sipil dan lembaga donor.

Workshop ini dinggap perlu mengingat selama ini pihak-pihak yang terlibat dalam program pembaruan peradilan tidak memiliki kesempatan yang optimal untuk berdialog satu sama lain untuk memetakan secara bersama permasalahan, tantangan, tujuan dan strategi dilakukannya pembaruan peradilan. Akibatnya, inisiatif-inisiatif yang kemudian dilakukan kurang dapat bersinergi sehingga dampak yang dirasakan hanya bersifat sempit dan terbatas.

Workshop dilaksanakan sebanyak 2 kali (sebelum dan setelah Konferensi IJRF, masing-masing selama 1 hari). Workshop pertama bertujuan untuk pertukaran informasi dan pengetahuan terkait program-program dan inisiatif pembaruan peradilan, serta refleksi terhadap program pembaruan peradilan yang telah dilaksanakan. Sedangkan workshop kedua bertujuan untuk menyusun kesimpulan bersama berdasarkan input yang diperoleh dari Konferensi IJRF, serta mengidentifikasi peran dan pendekatan yang dapat digunakan oleh masing-masing pemangku kepentingan dalam mengawal pembaruan.

Melalui workshop ini diharapkan dapat dihasilkan suatu dokumen yang dapat menjadi panduan umum bagi setiap aktor pembaruan dalam menjalankan peran dan kontribusinya di dalam proses pembaruan peradilan. Kesepemahaman antara seluruh pemangku kepentingan diharapkan dapat mendorong proses pembaruan peradilan yang lebih cepat dengan arah yang sejalan dengan harapan masyarakat.

Top