Call For Paper

 

Sub Tema

  1. Praktik Yurisprudensi dan Kepastian Hukum dalam Sistem Hukum Sipil (The Practice of Precedence and Legal Certainty in Civil Law System);
  2. Kepastian Hukum dan Iklim Berusaha di Indonesia (Legal Certainty and Business Climate in Indonesia)
  3. Efisiensi dan Transparansi Manajemen Perkara di Pengadilan (Efficiency and Transparency on Case Management);
  4. Penerapan Prinsip Peradilan yang Adil dalam Sistem Peradilan Indonesia (Implementation of Fair Trial Principles in Indonesian Judiciary System);
  5. Memberantas Perilaku Koruptif Dalam Proses Peradilan (Combating Judicial Corruption);
  6. Pendidikan Profesi Pengadilan (Judicial Professional Education);
  7. Pengelolaan Pengetahuan Sektor Peradilan (Knowledge Management Support on the Judiciary Sector).
  8. Akses Kepada Keadilan Untuk Kelompok Rentan (Access for Justice for Vulnerable Groups).

 

Penghargaan

Tulisan terbaik dari masing-masing topik akan dimasukkan kedalam Prosiding IJRF dan Jurnal Hukum rekan IJRF* dan honoratium sebesar Rp.3.500.000,-


*) masih dalam tahap konfirmasi

 

Ketentuan Penulisan

  1. Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan dikirimkan melalui surel ijrf@leip.or.id.
  2. Naskah yang dikirimkan, harus menggunakan template yang telah tersedia.
  3. Naskah utama ditulis dalam satu kolom, justified,
  4. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia, terdiri dari 5.000-8.000 kata maksimal 20 halaman (dalam format Word), termasuk gambar, grafik atau tabel (jika ada) yang menyertainya.Menggunakan tipe huruf Times News Roman ukuran 12 pt, dengan spasi 1,5 (line spacing = 1.5 lines). Ukuran kertas yang digunakan adalah A4 (210 mm x 297 mm) dengan menggunakan format satu kolom, dan margins: last costum (top 2,5 cm; left 2,5 cm; bottom 2,5 cm; right 2,5 cm).
  5. Naskah ditulis dengan menggunakan istilah yang baku serta bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  6. Naskah ditulis dalam format jurnal dengan sistem baris kredit (byline).
  7. Sistematika pembabakan bab artikel mencakup:
    1. Judul Artikel, Nama Penulis, Lembaga Penulis, Alamat Lembaga Penulis, Alamat Email Penulis;
    2. Abstrak, Kata Kunci (dalam Bahasa Indonesia dan Inggris);
    3. Pendahuluan (berisi latar belakang masalah, permasalahan, dan metode penelitian dan tujuan penelitian);
    4. Pembahasan (analisis dan temuan penelitian);
    5. Kesimpulan (berisi simpulan dan saran);
    6. Daftar Pustaka (disusun berdasarkan abjad).
  8. Judul artikel harus spesifik dan lugas yang dirumuskan dengan maksimal 12 kata (Bahasa Indonesia), 10 kata (Bahasa Inggris), atau 90 ketuk pada papan kunci, yang menggambarkan isi artikel secara komprehensif. Judul ditulis dengan menggunakan huruf Times New Roman 14 point (pt), cetak tebal, dengan spasi 1 dan ditempatkan simetris di tengah.
  9. Nama penulis alamat ditulis tanpa pangkat, kedudukan dan gelar. Penulis lebih dari satu orang ditulis lengkap, tidak menggunakan singkatan dkk. atau et.al. dan lain-lain.
  10. Nama penulis ditulis di bawah judul. Jarak antara judul dan nama penulis diberi satu spasi kosong, dengan ukuran huruf 14 pt. Nama penulis pertama, penulis kedua dan ketiga (jika ada) ditulis tanpa menggunakan gelar dengan huruf 12 pt.
  11. Keterangan afiliasi/lembaga dan email ditulis di bawah nama penulis. Jarak antara nama penulis dan lembaga diberi satu spasi kosong, dengan ukuran huruf 11 pt. Keterangan e-mail ditulis italic.
  12. Abstrak/sinopsis memuat ringkasan kajian/penelitian, tidak lebih dari 400 kata (latar belakang atau permasalahan, tujuan, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan). Ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Abstrak diikuti dengan sedikitnya 4 kata kunci (keywords) untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.
  13. Abstrak bahasa Inggris diletakkan setelah abstrak bahasa Indonesia. Kata "Abstract" sebagai penanda abstrak bahasa Inggris dicetak tebal dengan ukuran huruf 12 pt dan diletakkan simetris dengan jarak satu spasi kosong ukuran huruf 12 pt.
  14. Teks abstrak ditulis dalam satu paragraf terdiri dari max. 400 kata, menggunakan huruf Times New Roman 10 pt dengan spasi 1.
  15. Di bawah teks abstrak dicantumkan kata kunci (keyword), terdiri atas sedikitnya empat kata dan/atau kelompok kata yang ditulis sesuai urutan abjad. Antara kata kunci dipisahkan oleh titik koma (;).
  16. Keyword ditulis dalam bahasa Inggris, ukuran huruf 10 pt dicetak miring (italics). Jarak antara abstrak bahasa Inggris dan keyword adalah 1 spasi kosong, ukuran huruf 12 pt.
  17. Daftar Pustaka memuat sumber-sumber yang dikutip di dalam penulisan artikel. Hanya sumber yang diacu yang dimuat dalam daftar referensi ini. Penulisan sitasi dibuat "in-text citation" (body note) : misalnya, untuk satu penulis (Rose-Arckerman 1999: 57); untuk dua penulis (Rose-Ackerman dan Hellman 2006: 9); untuk tiga penulis (Rose-Ackerman, Hellman dan Alatas 1994: 83); untuk lebih dari tiga penulis (Rose-Ackerman et al. 2010) - dgn catatan et al. ditulis cetak miring.
  18. Penggunaan footnote pada artikel juga diperbolehkan.
  19. Pemuatan tabel, gambar dan (jika ada) instrumen kajian yang digunakan, dimasukkan ke dalam tubuh artikel. Gambar dan tabel harus berwarna hitam dan putih, dan jika berwarna, sebaiknya dibaca saat nanti dicetak hitam putih. Gambar dan tabel harus dapat dibaca dengan jelas dan secara proporsional ke keseluruhan halaman. Keterangan harus diberi nomor, dengan font Times New Roman ukuran 8 pt dan spasi tunggal. Untuk tujuan tata letak, mohon berikan gambar / tabel caption masing-masing.
  20. Kutipan dan Referensi ditulis sesuai dengan gaya APA, dan dibuat secara alfabetis.
  21. Panitia dapat mengubah atau menambah tulisan untuk kepentingan editing.

 

Unduh Format Template

 

Tanggal Penting

  • 16 Oktober 2017

    Open Call For Paper

  • 24 Desember 2017

    Batas Pengumpulan Paper

  • 8 Januari 2018

    Pengumuman Paper Terpilih

  • 15 -16 Januari 2018

    IJRF Conference

Top